Monday, June 13, 2016

All About FMIPA ITB




Heloo ... Kali ini Nahayuka bakal cerita segala hal mengenai FMIPA ITB ...
"Ada  apa di FMIPA ITB?"
Nahayuka mulai dari TPBnya yaaah. Jadi di TPB FMIPA kamu bakalan ketemu Matematika, Kimia, dan Fisika tiap kali kuliah. Sebernya semua fakultas di ITB selain SBM sama FSRD bernasib sama sih. Tiap minggu kamu bakalan ketemu sama yang namanya praktikum. Sabtu adalah waktunya ujian. Di ITB, jangan harap kamu bakalan nemuin minggu tenang.

Di FMIPA ITB waktu semester 2, kamu bakal dapat satu set lego buat satu semester. Bakal ngrakit robot dan belajar pemrogramannya tiap minggu. FMIPA? ngrakit robot? Tiap minggu?  iyah ...  kamu bakal dapet kelompok berisi 10 anggota.

Jurusan - jurusan di FMIPA ITB sudah akreditasi Internasional semua lho. Jadi kamu bakal dapat kesempatan besar buat summer school atau kunjungan ke luar negeri. Nggak percaya? Cek akreditasinya di sini.

"Kita belajar apa aja di FMIPA ITB?"

Nahayuka sebelumnya sudah bahas ini. Jadi klik di sini untuk melihat daftar mata kuliah FMIPA ITB

"Di FMIPA ada jurusan apa aja?"
Di dalamnya ada jurusan,
  • Matematika, 
  • Kimia,
  •  Fisika , dan
  •  Astronomi.
Simak penjelasannya yuk

1. Matematika

Image result for himatika itb
Logo Himatika ITB
Matematika adalah jurusan paling favorit di FMIPA ITB. Himpuannya bernama Himatika dan identik dengan warna merah. 

Menurut Wikipedia, Matematika (dari bahasa Yunaniμαθηματικά - mathēmatiká) adalah studi besaranstrukturruang, dan perubahan. Paramatematikawan mencari berbagai pola, merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksiyang ketat diturunkan dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian

Prospek Lulusan Matematika;
Ahli Matematika
Aktuaris

Analis Reset Pasar
Penelitisurve
Guru
Penaksir biaya
Penasehat keuangan
Penilai properti
Ahli statistika
Analisis riset operasi

2. Fisika

Image result for Fisika itb


Himpunan mahasiswa Fisika atau yang akrab di sapa Himafi memiliki warna biru sebagai ciri khas. 

Prospek kerja lulusan Fisika


Pemerintahan

Untuk lulusan fisika ini bisa bekerja di pemerintahan Indonesia seperti Pemda (Pemerintah Daerah), Batan, Dinas Pendidikan, Bapeten, BPS (Badan Pusat Statistika), Badan Standarisasi Nasional, Lapan, LIPI, dan masih banyak lagi.

Swasta dan BUMN

Berbagai perusahaan swasta dan BUMN sangat membutuhkan lulusan Fisika seperti Pertamina, PT. Telkom, Perbankan, serta berbagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi masa kini yang tentunya membutuhkan orang fisika untuk berbagai keperluan. Selain itu lulusan fisika juga dibutuhkan dipertambangan dan industri kontraktor bangunan.

Dosen Fisika

Dengan perkembangan teknologi yang maju tentu lulusan fisika sangat dibutuhkan bagi banyak perusahaan sehingga tak heran banyak perguruan tinggi membuka program ini. Dan lowongan untuk menjadi dosen pun meningkat serta masih sangat luas untuk jurusan ini.

Wirausaha Fisika

Dengan kemampuan yang dimilikinya dan kemampuan skills yang didapatkan selama perkuliahan tentu lulusan ini bisa mendirikan peluang kerja serta menciptakan lowongan pekerjaan untuk orang lain. Baik pekerjaan yang berhubungan dengan fisika maupun ilmu lainya yang ada.

Kimia

Image result for amisca itb
Himpunan Mahasiswa Kimia ITB namanya Amisca.
Menurut Wikipedia, Kimia (dari bahasa Arab:كيمياء, transliterasi: kimiya= perubahan benda/zat atau bahasa Yunani: χημεία, transliterasi: khemeia) adalah ilmuyang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat ataumateri dari skala atomhingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari

Prospek kerja lulusan kimia


Agrochemist

Aku kurang yakin kalau profesi ini sudah ada di Indonesia, tetapi profesi ini benar-benar dibutuhkan di negara-negara maju.Agrochemist merupakan kimiawan yang bekerja dalam bidang agroindustri (industri pertanian dan perkebunan). 
Biochemist
Biochemist cukup populer dan diperlukan di Indonesia, terutama dalam bidang medis. Biokimia merupakan gabungan dari biologi dan kimia organik. Seorang biochemist adalah kimiawan yang mempelajari makhluk hidup dan proses-proses kimia yang terjadi dalam makhluk hidup tersebut. Biochemist dibutuhkan dalam bidang penelitian medis obat-obatan, dan penelitian obat hewan (veterinary). 

Geochemist

Geochemist adalah salah satu profesi yang memiliki masa depan cerah di Indonesia, walaupun hingga sekarang posisi ini lebih banyak ditempati oleh lulusan geologi. Geochemist merupakanseseorang yang mampu melakukan penelitian mineral, bebatuan dan penambangan. Mereka juga mampu menganalisa dampak penambangan di suatu wilayah. Profesi ini diperlukan oleh banyak perusahaan tambang di seluruh dunia.

Kimiawan Anorganik

Kimiawan Anorganik adalah orang yang mampu melakukan penelitian dalam bidang material dan kristal.

Ahli Forensik

Ahli Forensik aldalah kimiawan yang bekerja di lokasi kriminal untuk melakukan penyelidikan terhadap bukti-bukti kejahatan yang terjadi. 

Ahli Lingkungan  

Ahli lingkungan merupakan prospek kerja yang sangat luas dari para lulusan kimia terutama di Indonesia. Ahli lingkungan adalah kimiawan yang meneliti tentang dampak lingkungan dari aktifitas industri dan tambang manusia. 

Physical Chemist

Kimiawan Fisik (physical chemist) adalah orang yang mampu melakukan penelitian dalam skala molekuler dan atom. Kimiawan fisik sangat diperlukan di berbagai bidang kimia, terutama yang berhubungan dengan sifat fisis suatu senyawa. 

Organic Chemist

Kimiawan organik (organic chemist) adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menganalisa dan meneliti mengenai senyawa organik. 

Sales Bahan Kimia

Setiap industri produksi pasti memerlukan bahan kimia. Beragam kebutuhan bahan kimia ini akan dipasok ke pabrik-pabrik melalui seorang sales bahan kimia

Astronomi


Image result for himastron itb
Di Indonesia, jurusan Astronomi cuma ada di ITB. Sampai saat ini, kuota untuk jurusan astronomi sebanyak 40 kursi. Karna jurusannya cuma ada di ITB, jadi kalau ada konferensi internasional, persaingan cuma sama temen sekelas kalau mau ngewakilin hehe. 
Program studi Astronomi sendiri terdiri atas tiga bidang keahlian yaitu Tata Surya, Fisika Bintang, serta Galaksi dan Kosmologi. Pada proses perkuliahannya teman-teman akan mendapatkan banyak ilmu yang menarik seperti pada kuliah Lintasan Satelit yang lebih mengarah pada Astronautika, Pengantar Instrumentasi Astronomi yang memperkenalkan kemajuan teknologi instrumentasi dalam Astronomi, dan Sistem Kalender yang nantinya dapat digunakan juga untuk penentuan hilal, yaitu penentuan awal bulan pada sistem penanggalan Islam.

Prospek kerja lulusan Astronomi


Bidang penelitian

    • Di Asia Tenggara, negara-negaranya yang semakin sadar akan pentingnya Astronomi, membangun jaringan yang dinamakan SEAN (South East Asia Networking). Dipercaya bahwa Indonesia akan menjadi pusat SDM untuk jaringan ini karena Astronomi ITB masih merupakan satu-satunya pendidikan formal ilmu Astronomi di Asia Tenggara.

    Bidang pengajaran

      • Menjadi tenaga pengajar terampil yang dapat meningkatkan minat siswanya untuk mempelajari sains.

      Media

        • Sarjana Astronomi dapat menjadi penulis kolom dan editor pada majah-majalah maupun jurnal sains, serta menyampaikan konsep-konsep sains dengan cara yang kreatif.

        Bidang lain

          • Selain bidang-bidang di atas, lulusan Astronomi juga dapat berkecimpung di bidang-bidang lain misalnya sebagai analis sistem pengembang perangkat lunak.
          Tonton juga video Makrab FMIPA ITB 2015 untuk melihat bagaimana serunya menjadi keluarga FMIPA ITB

          Tambahan: Vidio FMIPA berlibur "Auntumn in FMIPA" 2015


          _Nahayuk_




          Yuk ... coba kerjakan soal ujian TPB ITB dan buktikan kamu pantas jadi anak ITB. Download soalnya di sini

          Artikel Terkait


          EmoticonEmoticon