Saturday, June 11, 2016

Makna Filosofi Lambang dan Logo ITS

Image result for Lambang ITS


Sebelum memaparkan lebih jauh lagi, perlu di-ingat jika ITS itu singkatan dari Institut Teknologi sepuluh Nopember (bukan noVember) bukan Institut Teknologi Surabaya ya ... ITS diresmikan oleh presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno tahun 1957 tepatnya tanggal 10 November. 

Lambang dan logo ITS dibedakan atas penampilan dan penggunaannya. Lambang ITS digunakan untuk kegiatan internal kampus yang bersifat akademik, sedangkan Logo ITS dipergunakan untuk keperluan eksternal, seperti public relation, public image dan sebangsanya. Jadi Nahayuka bakal memaparkan makna lambang dan makna logo ITS satu persatu.

Makna Lambang ITS



Tugu pahlawan berwarna perak, yang melambangkan perjuangan kepahlawanan bangsa yang suci.

Bunga wijaya kusuma berwarna kuning, yang melambangkan kader-kader Pancasila yang berbudi pekerti luhur.

Roda mesin bergigi berwarna biru tua (biru ITS) dan biru muda, yang melambangkan keteknikan dengan masa depan yang terang. Konon, roda dalam lambang ITS berjumlah 8 karena dahulu ITS memiliki 8 Fakultas.

Sehingga jika dirangkai dalam satu kalimat, makna lambang ITS menjadi , “Perjuangan kepahlawanan bangsa yang suci menjadi harapan masa depan yang terang dalam bidang teknik.”

lambang berwarna putih yang terbingkai dalam perisai warna  biru merefleksikan visi
misi ITS yang putih dan suci dan mampu menembus batas imajinasi seluas dan setinggi
langit lazuardi.

Makna Logo ITS


Logo ITS juga disebut sebagai TECHNO-SHIELD yang berarti ITS siap menghadapi segala tantangan dan peluang dengan berbekal perisai IPTEKS untuk membela kemaslahatan umat.


Image result for Lambang ITS

Logotype “ITS” dan tulisan “Institut Teknologi Sepuluh Nopember” dimaksudkan untuk merepresentasikan ITS inisial ITS sebagai rumah ilmu pengetahuan-teknologi-sains yang kental budaya kreatif, inovatif, dan networking

Huruf yang digunakan untuk logo biru adalah Frizquadrata. Gaya huruf ini merefleksikan ketegasan dan kesederhanaan yang artistik. Bentuk huruf tersebut mempertegas  kekuatan sejarah, pengalaman dan senioritas ITS  dalam bidang pendidikan.


Demikian makna logo dan lambang ITS. Semoga bermanfaat

_Nahayuka_




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon