Saturday, June 11, 2016

Makna Terperinci Lambang Unpad

Universitas Padjajaran merupakan salah satu universitas ternama yang terletak di Bandung. Universitas Padjadjaran didirikan atas prakarsa para pemuka masyarakat Jawa Barat yang menginginkan adanya perguruan tinggi tempat pemuda-pemudi Jawa Barat memperoleh pendidikan tinggi untuk mempersiapkan pemimpin di masa depan.

Setelah melalui serangkaian proses, pada tanggal 11 September 1957 Universitas Padjadjaransecara resmi didirikan melalui Peraturan Pemerintah No. 37 tahun 1957, dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 24 September 1957. Lambang /logo Unpad sendiri diciptakan oleh Sunarja pada tahun 1957 dan terdiri dari enam bagian yakni;

  • Obor
  • Sayap
  • Kujang
  • Roda
  • Bunga teratai
  • Pentagon
Dan terdiri dari 4 warna yaitu;
  • Kuning
  • Merah 
  • Putih
  • Hitam

Berikut penjelasan Makna ke-enam bagian lambang Undap;



Obor ialah ilmu yang merupakan suluh penerangan kehidupan, yang membawa cahaya bahagia menuju keluhuran budi.

Sayap (terlukis daun paku) ialah sindiran terhadap kota Pakuan yang mengandung kata “paku” yang merupakan Pusat Kebesaran dari Keprabuan “Padjadjaran” dan daun paku ini merupakan sayap berarti senantiasa berusaha mencapai taraf atau mutu yang lebih tinggi.

Kujang merupakan senjata dalam tradisi masyarakat Sunda mengandung makna kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran.
Roda ialah kemasyarakatan, yang seperti halnya dengan roda senantiasa bergerak berputar dalam proses perubahan dan yang menjadi corak Universitas Padjadjaran.
Bunga Teratai yang sedang mekar berarti jaya abadi, suci sepanjang masa, lambang kebudayaan dan pendidikan.
Pentagon, perisai yang berbentuk segi lima ialah Pancasila, asas negara yang menjadi pedoman bagi segala usaha serta kegiatan universitas demi kepentingan negara dan bangsa.

Berikut Penjelasan ke-empat warna lambang Undip


Kuning berarti kejayaan dan keluhuran budi (dasar)

Merah berarti kebersihan (nyala obor dan roda).
Putih berarti kejujuran dan kesucian (kujang dan teratai).
Hitam berarti keteguhan, kekuatan, dan ketabahan hati (sayap).


Identitas Fakultas di UNPAD: Lambang per fakultas

Setiap Fakultas di Unpad memiliki Identitas masing-masing. Berbedaan Identitas tersebut terletak di warna. Setiap fakultas memiliki bendera dengan warna dan arti tersendiri. Lambang yang terdapat di tengah bendera fakultas, sama dengan lambang Unpad, dengan warna bendera:










     



     


       




        

Demikian makna lambang Unpad beserta Lambang Unpad per Fakultasnya. Semoga bermanfaat.

_Nahayuka_

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon