Sunday, June 12, 2016

Pengertian Pramuka dan Makna Lambang Pramuka


Sekilas tentang Pramuka

Pramuka adalah singkatan dari Prajamuda Karana yang berarti sekumpulan anak muda yang memiliki karya atau sedang berkarya. Pendiri Pramuka adalah  Lord Robert Boden Powel of Gilwell, beliau berasala dari Inggris berkelahiran tanggal 22 Februari 1857di london, nama aslinya adalah Robert Stephenson Smyth.

Tujuan dari adanya pramuka adalah untuk meningkatkan;

  •  kesehatan, 
  • kebahagiaan, 
  • keterampilan, 
  • kesediaan mem-berikan pertolongan

Tingkatan pramuka

Pramuka Siaga (dari umur 7-10 tahun)
Image result for lambang tingkatan pramuka

Ada 3 syarat keca-kapan umum yaitu :
1) Siaga Mula
2) Siaga Bantu
3) Siaga Tata

Pramuka Penggalang (usia 11 ± 15 tahun) 
Image result for lambang tingkatan pramuka
Ada 3 tingkat syarat kecakapan umum yaitu :
1) Penggalang Ramu
2) Penggalang Rakit
3) Penggalang Terap

Pramuka Penegak (usia 16 ± 20 tahun )
Image result for lambang tingkatan pramuka
Ada 2 tingkat syarat kecakapan umum yaitu :
1) Penegak bantara
2) Penegak laksana

Pramuka Pandega (usia 21 ± 25 tahun) 
Image result for lambang pramuka  pendega
Hanya ada satu tingkat yaitu;
1) pandega


Lambang Pramuka dan Maknanya


Lambang Gerakan Pramuka diciptakan oleh Sumardjo Atmodipuro (almarhum), seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai Pegawai Tinggi Departeman Pertanian dan mulai dipergunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961. 
Lambang Gerakan Pramuka berbentuk Silluete (bayangan) Tunas Kelapa. (lihat gambar di samping) Penjabaran tentang Lambang ini ditetapkan dalam Keputusan Kwarnas No. 06/KN/72 tentang Lambang Gerakan Pramuka.
Uraian arti lambang gerakan pramuka;
  • Buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan “CIKAL”, dan istilah “cikal bakal” di Indonesia berarti: penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru. Jadi buah kelapa yang tumbuh itu mengandung kiasan bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup Bangsa Indonesia.
  • Buah kelapa dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun jugaJadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah seorang yang rokhaniah dan jasmaniah sehat, kuat, ulet, serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.
  • Kelapa dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya.Jadi melambangkan, bahwa tiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaiaman juga.
  • Kelapa tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohan yang tertinggi di Indonesia.Jadi melambangkan, bahwa tiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan ia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
  • Akar Kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah.Jadi lambang itu mengkiaskan, tekad dan keyakinan tiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
  • Kelapa adalah pohon yang serba guna, dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan, bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaanya kepada kepentingan Tanah air, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Penggunaan lambang gerakan pramuka;

  • Lambang Gerakan Pramuka dapat dipergunakan pada Panji, Bendera, Papan Nama Kwartir / Satuan, Tanda Pengenal dan alat administrasi Gerakan Pramuka.


Satuan Karya Pramuka (SAKA Pramuka)


Image result for saka-saka dalam pramuka
Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada subbidang ilmu tertentu. Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus. Untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kesatuan Karyaan yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di Saka tersebut.

Macam-macam saka;
  1. Saka Dirgantara
  1. Saka Bhayangkara
  1. Saka Bahari
  1. Saka Bakti Husada
  1. Saka Bina Sosial
  1. Saka Keluarga Berencana (Kencana)
  1. Saka Kerohanian
  1. Saka Pandu Wisata
  1. Saka Pekerjaan Umum (PU)
  1. Saka Pustaka
  1. Saka Taruna Bumi
  1. Saka Teknologi
  1. Saka Telematika
  1. Saka Wanabakti
  1. Saka Wira Kartika
  1. Saka Kalpataru
  1. Saka Widya Bakti


Demikian penjelasan mengenai pengertian pramuka dan pengertian lambang pramuka. Semoga bermanfaat.

_Nahayuka_

Tags

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon