Wednesday, June 8, 2016

Kuliah di ITB Mahal? Siapa bilang? Cek biayanya terbaru 2016 yuk!



"Kak, kuliah di ITB mahal ya?"
Nah ... ini yang selalu terlintas dipikiran orang-orang tiap kali denger nama ITB. Kuliah di ITB murah kok. Nih cek daftar biaya kuliah S1 ITB di bawah ini.
UKT penuh untuk semua jurusan di ITB  (Kecuali Sekolah Bisnis Manajemen) adalah Rp.10.000.000. Tenang, di ITB ada penggolongan UKT kok. Jadi tidak semua mahasiswa membayar 10 juta. Berikut biaya per golongannya UKT ITB 2016

Golongan 1 Rp. 4.000.000
Golongan II Rp. 6.000.000
Golongan III Rp. 8.000.000
Golongan IV Rp. 10.000.000

Perlu diketahui, hanya 20% mahasiswa ITB yang membayar UKT penuh Rp. 10.000.000. Itu juga karena mereka tidak mengajukan permohonan peringanan UKT.
"Kok Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) gmana?"
Beda dari yang lainnya nih, untuk SBM sendiri biaya kuliahnya Rp. 20.000.000 (duapuluh juta)
untuk SBM reguler dan Rp. 40.000.000 untuk SBM kelas Internasional. Di SBM gak ada penggolongan UKT ya ... cuma 20 juta sama 40 juta.

Sedikit cerita nih, sobat masih bisa melakukan keluhan jika golongan biaya kuliah di ITB yang sobat terima terasa tinggi dan tidak mampu membayar untuk golongan itu.
Bahkan beberapa orang yang mengeluh dan benar-benar tidak mampu membayar malah ditawari Beasiswa bidikmisi. Ditawari! bukan mereka yang minta!

ITB tidak pernah mengeluarkan mahasiswanya karna masalah biaya. Sobat mungkin sering dengar jika ITB men-DO ratusan mahasiswanya tiap taun. Namun mahasiswa yang di-DO itu bukan karna faktor biaya!

Perlu sobat ketahui, ITB merupakan PTN Indonesia yang memiliki daftar beasiswa terbanyak. silahkan klik di sini untuk melihat daftar beasiswa di ITB

Untuk lebih jelas mengenai Biaya kuliah di ITB, silahkan simak pertanyaan dan jawaban berikut yang di ambil dari web resmi ITB

FAQ Biaya Pendidikan ITB

PERTANYAAN : Berapakah biaya pendidikan di ITB ?
JAWABAN : Mulai tahun 2013, ITB menerapkan ketentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa. Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITB (untuk fakultas/sekolah non SBM) adalah sebesar Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) per semester. Sedangkan biaya pendidikan untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen adalah sebesar Rp. 20.000.000,- (Dua puluh Juta Rupiah) per semester. Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan bantuan biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua. Informasi selengkapnya dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.
PERTANYAAN : Apakah ada uang pangkal bagi mahasiswa baru ITB ?
JAWABAN : Mulai tahun 2013, ITB menerapkan ketentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT). ITB tidak memberlakukan kebijakan uang pangkal dalam bentuk apa pun. Informasi selengkapnya dapat diperoleh di alamat http://usm.itb.ac.id/.
PERTANYAAN : Di laman resmi ITB (http://usm.itb.ac.id), dinyatakan bahwa ITB memberikan subsidi UKT bagi calon mahasiswa yang berasal dari golongan ekonomi lemah. Bagaimana cara saya memperoleh subsidi UKT tersebut ?
JAWABAN : Subsidi UKT diberikan ITB bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, dengan besaran subsidi yang akan ditentukan oleh ITB berdasarkan data ekonomi mahasiswa yang bersangkutan. Mekanisme penentuan subsidi UKT tersebut akan disampaikan kepada calon mahasiswa setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus dari salah satu sistem seleksi mahasiswa baru (SNMPTN atau SBMPTN) di ITB.
PERTANYAAN : Nilai UKT untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB berbeda dengan nilai UKT untuk fakultas/sekolah lainnya. Apakah calon mahasiswa SBM dapat mengajukan permohonan subsidi UKT ?
JAWABAN : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB tidak menawarkan subsidi UKT bagi calon mahasiswa, kecuali calon mahasiswa yang mengikuti program Beasiswa Bidikmisi.
PERTANYAAN : Bisakah peserta Beasiswa Bidikmisi mengikuti Program Peminatan ITB ?
JAWABAN : Bisa. Program Peminatan ITB tidak terkait dengan pemberian beasiswa apa pun. Artinya setiap calon mahasiswa yang memilih ITB pada SNMPTN, termasuk calon mahasiswa peserta Beasiswa Bidikmisi, diperkenankan untuk mengikuti Program Peminatan ITB. Informasi selengkapnya mengenai Program Peminatan tahun 2016 dapat diperoleh di laman Program Peminatan.
PERTANYAAN : Apakah peserta Program Peminatan ITB akan menerima beasiswa secara otomatis ?
JAWABAN : Tidak. Program Peminatan ITB tidak terkait dengan pemberian beasiswa apa pun. Calon mahasiswa yang memilih salah satu (boleh memilih program studi lain di luar program peminatan) atau lebih dari satu program studi yang ditawarkan pada Program Peminatan ITB, tetap dikenai biaya pendidikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di ITB, bila lulus di salah satu program studi yang dipilihnya. Namun demikian, Program Peminatan ITB tidak membatasi calon mahasiswa untuk memperoleh beasiswa/subsidi biaya pendidikan dari sumber-sumber lain, termasuk Beasiswa Bidikmisi. Informasi selengkapnya mengenai Program Peminatan tahun 2016 dapat diperoleh di laman Program Peminatan.
PERTANYAAN : Saya ingin memilih program studi Kewirausahaan (SBM) pada Program Peminatan ITB. Bolehkah saya mengajukan subsidi UKT ?
JAWABAN : Tidak. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB tidak menawarkan subsidi UKT bagi calon mahasiswa, kecuali calon mahasiswa yang mengikuti program Beasiswa Bidikmisi.
PERTANYAAN : Bagaimana dengan biaya perkuliahan bagi mahasiswa Internasional di ITB ?
JAWABAN : Informasi mengenai biaya perkuliahan bagi mahasiswa baru ITB program Internasional dapat diperoleh di laman Tuition Fees.
PERTANYAAN : Adakah beasiswa bagi mahasiswa Internasional di ITB ? 
JAWABAN : ITB tidak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa program Internasional, baik bagi mahasiswa berkewarganegaraan asing mau pun bagi mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia. Informasi mengenai biaya perkuliahan bagi mahasiswa baru ITB berkewarganegaraan asing dapat diperoleh di laman Tuition Fees.
Demikian semoga bermanfaat

_Nahayuka_


Yuk ... coba kerjakan soal ujian TPB ITB dan buktikan kamu pantas jadi anak ITB. Download soalnya di sini

Tags

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon